MENDES PDTT LEPAS KEBERANGKATAN PENGGIAT DESA KE TIONGKOK DAN INDIA

JAKARTA – Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo melepas 40 peserta Benchmarking Batch II yang terdiri dari Kepala Desa, Penggiat Desa, Pendamping Desa ke Republik Rakyat Tiongkok dan India pada Senin (2/9) di Kantor Kemendes PDTT. Kegiatan ini diharapkan bisa mempercepat pembangunan di desa-desa melalui peningkatan kualitas sumber daya manusia yang ada di desa. Mendes PDTT mengapresiasi pemerintah Repuplik Rakyat Tiongkok dan India yang memberikan kesempatan para penggiat desa untuk belajar di sana. Sebelumnya sudah sukses dilaksanakan benchmarking batch I ke Tiongkok dan Korea Selatan, yang dilakukan tanpa menggunakan APBN tapi murni karena menjalin hubungan baik.

Dalam arahannya, ia berpesan para peserta untuk dapat menjalin hubungan baik secara pribadi dengan penggiat desa di dua negara tersebut. “Kuncinya itu, jadi saya mau kalian selain belajar, juga membina hubungan pribadi dengan kepala desa dan pengurus-pengurus Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang ada di China atau India, dengan hubungan baik itu kalian bisa membantu untuk saling memasarkan produk-produk desa baik di China atau India,” katanya. Lebih lanjut Eko mengatakan bahwa pada batch pertama lumayan bagus, jadi mereka selain di kirim ke Tiongkok, beberapa dari mereka yang dianggap idenya visible ternyata bisa menjadikan desanya untuk dijadikan model/desa percontohan untuk daerah-daerah lainnya. “Dan ini cukup efektif.

sumber : https://www.kemendesa.go.id/view/detil/2960/mendes-pdtt-lepas-keberangkatan-penggiat-desa-ke-tiongkok-dan-india

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *